Minggu, 27 September 2009

Menulis Java Code dan HTML di Blogger

Artikel ini menjelaskan cara menuliskan tulisan atau syntax html atau code lain dalam Blogger. Sebab jika kita ingin menuliskan karakter-karakter misal > atau tanda petik maka akan dianggap sebagai script HTML. Jika kamu sudah membaca tulisan saya di posting sebelumnya yaitu Konfigurasi Apache Web Server, PHP, dan MySQL, dapat dilihat bahwa ada kotak dalam saya menjelaskan penulisan konfigurasi. Bagaimana cara membuatnya? Mari kita ikuti bersama hehe...

Sesuai dengan prinsip saya, kalau bisa susah kenapa harus cari yang mudah, hehe.. Prinsip ini dapat dilihat pada postingan saya sebelumnya, ini prinsip dalam belajar loch.. tapi kalo untuk pelayanan masyarakat ataupun berhubungan dengan keefektifan bekerja jangan menggunakan prinsip ini. Ingat Itu!!

OK lanjut dari tujuan semula, pertama kita login dulu ke account blogger kita, masuk ke Dashboard, klik Layout, dan pilih Edit HTML. Cari script :

]]></b:skin>

Tambahkan baris sript ini diatas script tersebut :

pre
{
background:#efefef;
border:1px solid #A6B0BF;
font-size:120%;
line-height:100%;
overflow:auto;
padding:10px;
color:#000000 }
pre:hover {
border:1px solid #efefef;
}
code {
font-size:120%;
text-align:left;
margin:0;padding:0;
color: #000000;}
.clear { clear:both;
overflow:hidden;
}


Sekarang jika kita ingin menuliskan syntax atau script HTML mulailah dengan tag <pre> dan diakhiri dengan </pre>. Ingat bahwa karakter-karakter harus di encode supaya bisa tampil sesuai dengan apa yang kita ha rapkan. Misal jika kita ingin menuliskan <a href="deeqee.blogspot.com">Dicky</a> maka tiap karakter harus diencode, misal karakter < harus dituliskan &lt;, kemudian karakter " harus dituliskan &quot;, dan seterusnya sehingga harus di tuliskan seperti ini :

<pre>
&lt;a href="deeqee.blogspot.com"&gt;Dicky&lt;/a&gt;
</pre>

Pusing mikirin karakter encodenya, bila belum hapal coba link ini atau ini. Masukkan script kemudian encode, hasil dari script yang diencode kemudian di copy di draft kamu, jangan lupa mulailah dengan tag <pre> dan diakhiri dengan </pre>.

Jika temen-temen ada solusi yang lebih gampang mohon di share ke temen-temen yang lain. Ingat untuk belajar jika ada cara yang sulit kenapa harus dengan cara yang mudah?

2 komentar:

  1. Cara ini hasilnya lebih bagus:

    http://qt-mobility.blogspot.com/2009/12/syntax-highlight-blogger-posts.html

    Juga relatif mudah koq :) Sama-sama pake Blogspot kan?

    BalasHapus
  2. Thx bgt bro infonya, hasilnya juga lebih bagus ga kalah ama yang di wordpress^_^

    BalasHapus