Minggu, 27 September 2009

Konfigurasi Apache Web Server, PHP, dan MySQL

Bagi yang tertarik belajar bahasa pemrograman PHP, tool utama yang harus disiapkan adalah menginstall webserver terlebih dahulu, sekarang ada tool yang bernama XAMPP yang bisa didownload dengan gratis. XAMPP ini merupakan paket yang terdiri dari Apache Webserver, PHP, dan MySQL. Tool ini sangat praktis karena kita bisa langsung menginstall ketiga software tersebut dan langsung bisa digunakan tanpa harus berpusing ria memikirkan konfigurasi untuk mengintegrasiskan ketiga software tersebut.

Tapi bagi kita yang mungkin ingin menginstall sendiri ketiga software tersebut, butuh kerja lebih agar dapat berhasil, kali aja kita kan butuh tantangan, bukankah hidup ini perjuangan? hehe..(quote from Dewa), jadi jangan asal enak aja, bisa juga kita ingin mengupgrade salah satu software ke seri yang terbaru, misal kita ingin mengganti MySQL dengan versi yang lebih baru, maka kita cukup mengupgrade MySQL-nya saja tanpa harus mengganti semuanya dengan menginstall XAMPP yang lebih baru. Keuntungan lain dengan menginstall sendiri adalah kita bisa belajar konfigurasi dari masing-masing software tersebut, hal ini berguna jika kita ingin menambahkan konfigurasi lanjutan jika kita sudah semakin mahir.

OK langsung saja bagi yang ingin bersusah payah silahkan baca artikel saya ini, bagi yang pengin cara mudah silahkan download XAMPP ato tools lain. Artikel yang saya buat ini diperuntukkan untuk pengguna Windows, untuk pengguna Linux saya akan ulas dilain kesempatan.

Pertama kita download dahulu installer dari Apache Web Server. Setelah file berhasil didownload maka eksekusi file tersebut dan lanjutkan proses penginstallan sampai selesai, jika sudah selesai coba test pada browser dengan mengetikkan "localhost" (tanpa tanda petik). Jika muncul tulisan "It's Works! " berarti instalasi Web Server berhasil, tapi jika yang kelura koq malah situs XXX hmmm... berarti ada yang salah pada diri anda wkwkwkwk...

OK instalasi Web Server sudah, sekarang apa selanjutnya? Sabaar.. kita sarapan dulu, ga usah terburu-buru ntar keselek... Hmm udah selesai sarapannya? Sekarang kita instal PHP-nya. Download versi terbaru dari PHP. Jika sudah selesai file yang terdownload berupa file kompresi dengan ekstensi .zip. Extract file zip tersebut ke directory yang anda mau, misal di C:\Program Files\PHP. Jika sudah download MySQL dan lanjutkan hingga tahap instalasi selesai.

Berikutnya tahap yang agak sulit, kita harus mengkonfigurasikan Apache dengan PHP. Pertama kita konfigurasikan dahulu Apache-nya. Cari file httpd.conf pada folder instalasi atau buka shortcut pada Windows Start --> All Programs --> Apache HTTP Server --> Configure Apache Server --> Edit the Apache httpd.conf Configuration File.
Cari tulisan LoadModule kemudian tambahkan 2 baris berikut pada bagian terbawah LoadModule :

LoadModule php5_module "C:/Program Files/php/php5apache2_2.dll"
AddType application/x-httpd-php .php

PHPIniDir "C:/Program Files/php"


Tambahkan pada Windows Classpath C:/Program Files/php dan C:/Program Files/php/ext.
Selanjutnya buka pada folder instalasi PHP, yaitu C:\Program Files\PHP cari File php.ini-recommended kemudian copykan ke directory yg sama dan rename atau ubah namanya menjadi php.ini kemudian buka file php.ini tersebut. Cari tulisan extension=php_mysql.dll, hilangkan tanda semicolon (;) di depannya. Kemudian cari tulisan extension_dir dan ganti dengan extension_dir = "C:/Program Files/php/ext". Langkah terakhir adalah copy libmysql.dll ke dalam folder c:\windows\system32.

Sampai sini seharusnya konfigurasi sudah bisa, restart Apache Server caranya buka Windows Start --> All Programs --> Apache HTTP Server --> Control Apache Server --> Restart. Jika tidak ada peringatan berarti konfigurasi tidak ada kesalahan, sekarang saatnya kita mengetes dengan browser.

Buka folder instalasi Apache, masuk ke dalam folder htdocs, rename file index.html dengan index.php. Buka dan hapus semuanya kemudian ganti isinya dengan :


<?php
echo "BERHASIL HOREE!!";
?>


Kemudian buka browser ketikkan localhost pada address bar, jika muncul tulisan "BERHASIL HOREE!!" maka instalasi dan konfigurasi kita telah berhasil, selamat.

Silahkan tulis comment jika ada komentar, cacian, tanggapan, pujian, atau pertanyaan.

2 komentar:

  1. Terima kasih sekali buat tutor-nya Bro !!
    Sangat sangat mudah sekali dipahami oleh pemula seperti saya .....

    Muter-muter Google ternyata nemunya di sini.
    Kebanyakan tutornya pake yang INSTANT, satu software (XAMPP, WampServer) langsung 3 program (APACHE, PHP, MySQL).

    Padahal saya lebih suka yang "agak" menantang ...

    Sekali lagi terima kasih !

    BalasHapus
  2. Sama2 Flash^_^
    Senengnya bertemu sso yang suka hal2 menantang,,kalo ketemu hal yang menantang info2 yaaaa :-)

    BalasHapus